MEDIA SMART MOBS
Pengertian Media
Media dalam komunikasi berasal dari kata “mediasi” karena mereka hadir di antara pemirsa dan lingkungan. Istilah ini sering digunakan untuk menyebutkan media massa.
Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002). Sementara pendapat lain mengatakan bahwa khalayak massa itu haruslah heterogen dan tersebar di berbagai tempat yang berbeda-beda. Sehingga komunikasi antara komunikator dan komunikan tidak terjadi secara langsung dalam waktu tatap muka. Media komunikasi massa, yang disebut juga media massa, dengan demikian dapat berupa media cetak seperti surat kabar, majalah serta terbitan berkala lainnya, dan bulletin kantor berita, dapat pula berupa media elektronik seperti radio, televisi, video dan film.
- Publisitas Disebarluaskan kepada public, khalayak, atau banyak orang.
- Universalitas Pesannya bersifat umum, tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnyaorang banyak (masyarakay umum).
- Periodisitas Tetap atau berkala, misalnya harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
- Kontinuitas Berkesinambungan atau terus menerus sesuai dengan periode pengudara atau jadwal terbit.
- Aktualitas Berisi hal - hal baru, seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagaianya. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.
1. Media Cetak (Printed Media) : Surat kabar, tabloid, dan majalah.
2. Media Elektronik (Electronic Media) : TV, Radio, Film dan Video.
3. Media Siber (Cyber Media) : Website, Portal berita, Blog, dan media sosial.
Untuk berkomunikasi melalui media massa, keterampilan atau keahlian yang harus dimiliki antara lain menulis (writing), jurnalistik, broadcasting / announcing skills, editing, bahasa jurnalistik (bahasa media), dan editing foto, audio, dan video.
Tidak di pungkiri, perkembangan teknologi media massa yang terus berubah dari waktu kewaktu itu juga di sebabkan oleh implikasi sejarah perkembangan manusia itu sendiri artinya, perkembangan komunikasi itu tidak ada kalau manusia tidak ingin berkembang, dapat di katakan perkembangan komunikasi sejalan dengan perkembangan sejarah manusia. Menurut melvin defleun dan sandra j. ball-rokeach dalam bukunya theories off masscommunication(1989), setidak tidaknya di sebutkan adanya revolusi komunikasi masa (1) zaman pengguna tanda dan isyarat sebagai alat komunikasi (the age of signs aand signals) (2) zaman di gunakannya percakapan dan bahasa sebagai alat berkomunikasi( the age of specch and language) (3) zaman di gunakannya tulisan sebagai alat komunikasi (the age of writing) (4) zaman di gunakannya media cetak sebagai alat komunikasi dan informasi.
Setiap orang mebutuhkan informasi sebagai bagian dari tuntutan kehidupan dan sebagai penunjang kegiatannya. Media massa sangat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan informasi tersebut.
Pengertian Smart Mobs
Smart Mobs atau yang diartikan sebagai massa pintar mungkin secara logika dapat diartikan sebagai masyarakat yang memiliki pemahaman teknologi yang tinggi, merurut Wikipedia smart mobs atau massa pintar diartikan sebagai kelompok yang bertentangan dengan konotasi massa berprilaku cerdas atau efisiean yang kuadratnya meningkatkan jaringan, memungkinkan orang - orang untuk terhubung ke informasi dan yang lainnya, untuk melakukan tugas yang memungkinkan sebuah koordinasi sosial. Menurut Dewa Adhitiya dalam blognya mengatakan bahwa smart mobs merupakan sekelompok manusia mendadak berkumpul di tempat umum, lalu melakukan aktifitas bersama – sama dalam waktu sangat singkat dan langsung bubar untuk kembali ke aktivitas masing – masing. Peserta tidak saling kenal karena persiapannya dilakukan diam – diam, bahkan lokasi baru diberitahukan pada H-1. Dalam pengertian lain Smart Mobs juga diartikan sebagai suatu istilah yang berkaitan dengan pengguna teknologi sebagai media yang memiliki mobilitas cukup tinggi untuk melakukan suatu proses social secara massal. Menurut Howard Rheinghold dalam bukunya yang berjudul Smart Mobs “The Next Social Revolution” menyatakan bahwa smart mobs adalah indikasi teknologi yang berkembang untuk memberdayakan orang - orang atau masyarakat.
Fungsi dan contoh Smart Mobs
Teknologi yang digunakan dalam smart mobs biasanya teknologi yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti: teknologi internet dan teknologi telepon seluler dimana teknologi ini memiliki mobilitas dan flexibilitas yang tinggi dan cepat. Contohnya pada jaman seperti sekarang ini jaringan internet dan jaringan seluler dapat diakses dari mana saja dan juga menyebarkan informasi melalui media social, teknologi ini membutuhkan waktu yang sedikit cocok untuk smart mobs mengingat smart mobs melibatkan orang dalam jumlah yang banyak. Pada dasarnya, smart mobs adalah implementasi praktikal dari inteligen kolektif. Berdasarkan Rheingold, salah satu contoh dari Smart Mobs adalah demonstran yang diorganisir oleh penggerak anti globalosasi. Seperti yang di kemukakan Howard Rheinghold smart mobs adalah indikasi teknologi yang berkembang untuk memberdayakan orang - orang atau masyarakat. Dan saat ini media sosial sebagai media massa digunakan oleh orang – orang untuk saling bertukar informasi atau melakukan hubungan jual beli tanpa mengenal jarak dan waktu.
Ciri – ciri dari Smart mobs antara lain :
- Pelakunya banyak atau dilakukan oleh orang yang sangat banyak (massal).
- Biasanya dalam berkomunikasi/berkordinasi menggunakan teknologi yang memiliki mobilitas yang tinggi.
- katakan smart mobs pada saat seseorang yang mengatur sebuah pertemuan melalui internet kemudian orang tersebut muncul pada took retail pada waktu tertentu, dan menggunakan nomornya untuk mendapatkan diskon pada took tersebut.
- Tokopedia, sekumpulan orang yang diberdayakan oleh internet dan tokopedia untuk membeli dan menjual serta mengelolah kualitas control atas semua transaksi melalui system rating. Konsumen dapat meninggalkan feedback positif, negative, atau standar, bergantung kepada bagaimana perasaan pengguna terhadap transaksi mereka dengan penjual.
- Fenomena dinner En Blanc, yang telah diadakan setiap tahun di Paris, Perancis sejak 1988 untuk satu malam pertama di akhir bulan Juni. Para tamu undanagan hanya memakai pakaian putih dan berkumpul di tempat yang telah ditentukan. pengetahuan yang mereka miliki hanya sedikit dan dalam waktu yang sangat singkat. Mereka disana membawa makanan, minuman, kursi, dan meja sendiri dan mereka selanjutnyaberkumpul dan makan, setelah itu mereka langsung bubar begitu saja, acara ini hanya dapat dihadiri oleh orang - orang yang telah mendapat undangan tentang lokasi yang digunakan.
- Pada pemilihan presiden AS tahun 2000, aktivis secara online Zack Exley anonim membuat sebuah situs web yang memungkinkan orang untuk menyarankan lokasi untuk pertemuan-pertemuan untuk memprotes untuk penghitungan ulang penuh dari orang di Florida. Pada Sabtu pertama setelah pemilu, lebih dari 100 protes yang signifikan terjadi-banyak dengan ribuan peserta-tanpa upaya pengorganisasian tradisional. Exley menulis pada bulan Desember 2000 bahwa protes terorganisir diri "menunjukkan bahwa perubahan mendasar yang terjadi dalam kehidupan politik nasional kita Ini bukan internet per se, tetapi potensi yang muncul untuk setiap individu untuk berkomunikasi -. Gratis dan anonim jika perlu - dengan individu lain.
Apikasi yang digunakan Smart Mobs
Aplikasi yang sering digunakan pada Smart Mobs diantaranya melalui surat elektronik, SMS, SMS Gateway, serta aplikasi media social. Pesan tersebut dapat dikirim kepada kontak tertentu, atau membuat sebuah petisi atau status. Dan kemudian orang lain pun akan meneruska petisi tersebut dengan tujuan mendapatkan banyak massa.
Contoh Penggunaan Media Smart Mobs
Contoh 1 :Pada tanggal 21 Januari 2001, Smart Mobs di Filipina lebih efektif digunakan dengan pesan teks untuk menghasilkan protes yang akan menyebabkan jatuhnya Presiden Joseph Estrada. Pesan teks tersebut adalah "Go 2EDSA, Wear blck." Jumlah masyarakat Filipina yang menerima pesan tersebut kurang lebih satu juta orang, masyarakat tersebut serentak melakukan aksi protes diam. Dalam kasus ini kita dapat melihat kekuatan mobilisasi jaringan sosial untuk mengekspresikan sudut pandang mereka demi mencapai suatu perubahan.
Contoh 2 :

Komentar
Posting Komentar